31 Oktober 2019

Menikmati Indahnya Kemarau di Pulau Kenawa

Tipsiana.com - Meski telah memasuki bulan Oktober, wilayah kepulauan Nusa Tenggara hingga saat ini masih dilanda kemarau panjang, nyaris enam bulan tanpa hujan. Ini membuat banyak daerah menjadi kering kerontang. Hampir di semua tempat, gugusan bukit-bukit yang biasanya hijau kini tampak menguning terpanggang matahari.

Pulau Kenawa yang terletak di Sumbawa bagian barat juga mengalami kekeringan. Pulau tak berpenghuni yang biasanya dikenal dengan bukit dan padang rumput hijau yang indah, nyaris tak memiliki sisa daun segar lagi. Tapi bukan berarti ia kehilangan pesonanya.


Ada sensasi tersendiri bila mengunjungi pulau Kenawa saat kemarau panjang. Hamparan padang ilalalang yang mengering dan debu yang berterbangan setiap tapak kaki melangkah menjadi pengalaman menyenangkan. Pendakian ke puncak pulau pun semakin menantang karena harus berhadapan dengan hembusan angin kemarau yang kuat dan berhati-hati melangkah di guguran tanah kering yang tak kokoh dipijak.


Pulau Kenawa adalah destinasi wisata alam yang unik. Pulau kecil seluas 15 hektar ini merupakan perpaduan antara keindahan laut lepas, pantai pasir putih, padang rumput luas dan bukit tunggal kecil yang berdiri tegak diujung pulau. Semuanya memiliki keindahan yang memanjakan mata.

Untuk sampai kesana, Anda harus menyeberang dari Pulau Lombok ke Pulau Sumbawa via kapal feri selama dua jam hingga sampai ke Pelabuhan Kayangan. Perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan Poto Tano dan mencari dermaga kecil tempat para nelayan menambatkan kapalnya. Dengan menumpang perahu motor nelayan, hanya butuh waktu 20 menit untuk sampai ke Pulau Kenawa.


Dari jauh Kenawa tampak anggun dengan pulau kecil yang berdiri diantara dataran rendah. Bagian depan pulau didominasi tumbuhan ilalang kering sementara bagian belakangnya tampak berderet pepohonan bakau, salah satu tumbuhan yang masih hijau di musim kemarau ini.


Anda harus membawa perbekalan sendiri terutama air bersih yang cukup. Pulau tanpa penduduk ini memang memiliki fasilitas sanitasi, tapi hanya dibuka saat masa liburan saja. Pada hari biasa, toilet digembok dan tak ada air bersih yang bisa dipakai.


Berkemah di Kenawa sangat menyenangkan, namun bila Anda tidak ingin bermalam, ada beberapa saung kecil yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Selain itu, ada satu saung besar yang berdiri di tepi dermaga.


Bila telah puas menikmati keindahannya, saat pulang jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang Anda hasilkan disini. Karena seperti kebanyakan daerah wisata lainnya, sampah menjadi masalah tersendiri yang akan mengurangi kenyamanan pengunjung. Botol-botol plastik bisa dibuang ketempat sampah yang disediakan.




Bila Anda penasaran bagaimana keindahan Pulau Kenawa ketika dalam rupa hijaunya, video buatan anak Sumbawa ini akan memanjakan mata Anda :